ABSTRAK
Tebatasnyapersediaan BBM memotivasipenelitiuntukberpartisipasidalamupayapenghematanbahanbakarminyakkhususnyauntukkonsumsikendaraanbermotor.Teknikmengendaraekonomisadalahsalahsatuupayapenghematanbahanbakarminyak yang perludikembangkandandimasyarakatkanpadamasyarakatluas.
Penelitianinibertujuanuntukmenelitipengaruhteknikmengemudipadakonsumsibahanbakarkendaraanbermotor, dimanaakandibandingkanantarateknikmengemudibiasadenganteknikmengemudidenganmenjagaputaranmesinpadaputaran 3000 rpm.
Teknikpengambilan sample yang digunakanadalahsampelkuota, dimanadipilihdelapanpengendarauntukmelaluirute yang ditentukansejauh5 kilo meter denganmengendaraikendaraanbermotorrodadua Honda Tiger. Setiappengemudimelaluirute yang ditentukansebanyakdua kali, pertamamenggunakanteknikmengumudibiasadankeduamenggunakanteknikmngemudipadaputaranmesindi 3000 rpm.
Analisa data yang dilakukanadalahanalisa data kuantitatifdankualitatif, dimanahasilanalisa data dapatdisimpulkanbahwateknikmengendaradenganmenjagaputaranmesinpada 3000 rpm membutuhkan BBM 31,68 % lebihhematdibandingkandenganteknikmengendarabiasa.
KATA PENGANTAR
Segalapujisyukurkamipanjatkankehadirat Allah SWT yang mahakuasa, atasberkatdankaruniaNyakamidapatmelaksanakanpenelitiandenganlancardanbenardalamrangkamengikutiLombaPenelitianIlmiahRemaja Tingkat SMP/MTsTahun 2009 se Kota Administrasi Jakarta Selatan.
Kamimengucapkanterimakasihkepada:
- PemerintahkhususnyaSukuDinasPendidikanDasar Kota Administrasi Jakarta Selatan selakupenyelenggaralomba.
- BapakDasukiSyahlan M.M. sebagaiKepalaSekolah SMPN 41 Jakarta yang telahmemberikankesempatankamiuntukmengikutiLombaPenelitianIlmiahRemajaini.
- Orang tuakamiyangtelahmembantu,menyetujui, memberikandukungandanmendo'akankamidalammengikutikegiatan ini.
- Bapakibu guru yangtelahmembimbingkami, terutama guru pembimbingyaituIbuNeneng, IbuHeksidanIbuMarzukoh.
- Tukangojekdansukarelawanyangtelahbersediamembantukamimelakukanujicoba teknik mengendarayangkamiteliti.
Kamitelahberusahadengansegenapkemampuandantelahmemberikanyangterbaikuntukkegiatanpenelitian ini, maka kamiberharapbetapapunkecilnyahasilkaryailmiah ini semogaakanadamanfaatnyabagikitasemua.
Bila adakesalahanyangkamilakukankamisampaikanpermohonanmaafyangsebesar-besarnyadanapabilaada kritik dan saranyangingindisampaikankamisangatmembukadiriuntukmenjadimasukanbagiusahapenympurnaandikemudianhari.
Jakarta, 30 Juli 2009
Penyusun
DAFTAR ISI
ABSTRAK………………………………………………………………………………………………. i
KATA PENGANTAR………………………………………………………………………………….. ii
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………………… iii
DAFTAR TABEL………………………………………………………………………………………iv
BAB I : PENDAHULUAN………………………………………………………...1
- LatarBelakangMasalah………………………………………… 1
- PerumusanMasalah…………………………………………….. 1
- TujuandanManfaatPenelitian…………………………………. 2
BAB II : TINJAUAN PUSTAKA………………………………………………… 3
- LandasanTeori………………………………………………….. 3
- KerangkaPemikiran……………………………………………. 16
- Definisi…………………………………….…………………….. 17
- Hipotesis…………………………………………………………. 17
BAB III : METODOLOGI PENELITIAN………………………………………… 18
- TujuanPenelitian………………………………………............. 18
- WaktudanTempatPenelitian…………………………………. 18
- MetodePenelitian………………………………………………. 18
- PopulasidanTeknikPengambilanSampel………………….. 19
- TeknikPengumpulan Data…………………………………….. 19
- TeknikAnalisis Data……………………………………………. 20
BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN………………………….. 21
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN………………………………………….. 27
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL DAN GRAFIK
TabelSpesifikasi Honda Tiger……………………………………………………………15
TabelRingkasanHasilPenelitian……………………………………………………..… 21
TabelKonsumsiBBM…………………………………………………………………..… 22
GrafikKonsumsi BBM………………………………………………………..…………….23
GrafikPerbandinganKonsumsi BBM..…………………………………………………. 23
TabelWaktuTempuh…………………………………………………………………….. 24
GrafikPerbandinganWaktuTempuh………………………………………………..…. 25
0 komentar:
Posting Komentar